Relationship Officer (RO)

Relationship Officer, secara harfiah:

Relationship adalah Hubungan, Pertalian, Persahabatan.

Officer adalah Karyawan, Pegawai.

Itulah pertama kali Saya menyimpulkan arti kata Relationship Officer ketika mengikuti job interview di salah satu Bank Nasional di Negeri ini. Yah, intinya sih suatu pekerjaan dimana job desc-nya adalah menjaga relasi atau hubungan, baik itu intra-perusahaan ataupun inter-perusahaan. Setelah mengetahui maknanya Saya sangat senang karena sangat cocok dengan karakter Saya yang sangat senang berteman, memperluas network, dan bertemu banyak orang (ehem :D).

Akan tetapi, setelah benar-benar melakukan tahap interview malah mendadak bingung dan kagok karena pertanyaan yang diajukan oleh pewawancaranya bukan tentang hubungan ataupun relationship melainkan tentang perkreditan. Duarrrr!! (kaget!). Fyuhhhh! Perkreditan!!!? Sungguh jauh dari apa yang Saya bayangkan sebelumnya. Dunia yang sama sekali asing bagi Saya (FYI, background kuliah Saya adalah Teknik Industri).

Pertanyaan pertama, “Apa yang Anda ketahui tentang Kredit?”. Tau apa jawaban Saya?? Saya menjawab Kredit itu dengan pengertian Kartu Kredit (gyaaaaaaa!! Malu Sayaaaa!). Untungnya para pewawancara mengarahkan bahwa maksud pertanyaan tersebut adalah mengenai Kredit Usaha. Dengan raut wajah merah karena malu Saya meminta maaf, berharap dengan bersembunyi dibalik background Teknik, kebodohan dari jawaban Saya dimaklumi (hahaha!). Kemudian dengan suksesnya Saya mengarang bebas, menjawab pertanyaan demi pertanyaan tentang perkreditan sambil dalam hati berharap wawancara ini cepat berlalu. Dan ternyata doa Saya terkabul! WAWANCARA BERAKHIR (Oh God, thank you). Setelah keluar dari ruang wawancara, Saya benar-benar pesimis terhadap hasil dari test tersebut dan berusaha melupakan peluang kelulusan Saya di Bank tersebut.

Selang beberapa hari, Saya diberi kabar bahwa SAYA LULUS ke tahap selanjutnya. (Hwaaaaaaa!) Rasanya tidak percaya lho, tapi ternyata benar adanya.

Ternyata, dari tahapan test selanjutnya didapat informasi bahwa Relationship Officer itu nama lainnya adalah Credit Analyst. Jadi, Relationship Officer bekerja menganalisis kelayakan usaha dari Perusahaan/Perorangan yang akan mengajukan kredit ke Bank. Dimana kelayakan tersebut dilihat dari 5C yaitu Character, Capability, Capital, Condition of Economy, Collateral.

(hahahaha!) ternyata agak jauh ya dari yang Saya bayangkan sebelumnya. Yah, ada kaitannya bahwa Relationship disini adalah penghubung antara Kreditur (Bank) yang memberikan pinjaman dan Debitur (Perusahaan/Perorangan) yang mendapatkan pinjaman dari Kreditur (Bank).

Semoga tidak ada lagi yang salah makna seperti ini nantinya. :)

:: Baca kelanjutannya di Relationship Officer Chapter II.

About these ads

53 thoughts on “Relationship Officer (RO)

  1. Halo dian, maaf baru dibales niiy.. pada saat test yg ditanya :
    –apa yang diketahui tentang kredit?
    –apa itu kredit usaha?
    –apa fungsi atau tujuan penyaluran kredit?
    –apakah kita suka bermain curang?
    –apakah kita pernah mengalami disekeliling kita perbuatan curang tersebut? setujukah kita? dan apa reaksi kita?
    –hal-hal teknis seperti suku bunga kredit dll.

    Dan pertanyaan tentang perbankan dan alasan mengapa kita mau bekerja di perbankan ataupun kredit perbankan..
    Maaf kalo ada beberapa pertanyaan yang terlewat yaa..

    Salam kenal.. :)

    Like

  2. hi.. salam kenal…
    mba.. gimana dah kerja lom disana ? soalnya aku juga ada panggilan untuk relationship officer di GE Money ? cuma aku masih ragu… kalau udah kerja as ro, ceritain dong sedikit menganai kerjaannya.. thanks yaa..

    Like

  3. Salam Kenal juga ya MBA DWIE.. :)

    Maaf nih udah lama ga ngunjungin blog ini..
    Mmm, alhamdulillah sudah nyemplung disini nih, walaupun masih dalam tahap pendidikan dan pelatihan..
    Mmm, tentang jobdesc-nya RO insya Allah dalam waktu dekat akan ditampilkan..
    Tapi mungkin diriku bisa sharing sedikit, kerja RO itu penuh tantangan, ga statis hanya dibelakang meja karena seorang RO harus mencari debitur, melakukan pemantauan terhadap debitur dan juga jaminan dari debitur tersebut.. Nah, hal ini yg bikin kerja RO menjadi dinamis, –bolak/balik indoor-outdoor

    semoga cocok yaaa mbaa.. :)

    Like

  4. hi,vivi… wah thanks bgt ni udh nulis mengenai ro di blog km, ak br mw apply di bagian ro,jd dpt gmbarn mengenai ro. btw, ro emg kerjanya dimanis? bs tlg dijelasin lbh lanjut ga yg di mksd dg dimanis itu? misalnya apa qt hrs ke kantor2/mencari seseorang yg berminat untuk kredit di bank tsb/seperti apa mksd dimanisny?*takut slh pemahaman
    thanks b4 y

    Like

  5. Hai mba..
    Perkenalkn sy nanda, sy juga seorang RO pada sebuah Bank Nasional.. Dikantor saya, RO adalh marketing funding mba.. Beda lagi ya? Emang sih mba, tiap perusahaan mengaplikasikan RO berbeda2 jobdesc nya.. Btw, ^_^ sukses ya mba..

    Like

  6. Hai mbak…aku astri, Boleh ga minta sedikit sharing tentang pekerjaan mbak sekarang??
    Untuk mencari seorang/beberapa debitur itu, apakah kita yang harus mencarinya sendiri ato emang sudah disediain dari perusahaan tinggal kita yang contact mreka??Trus suka dukanya boleh ga diceritain mbak??RO sama ga si mbak dengan marketing?Biar ada sedikit tau tentang itu karena kebanyakan orang berpandang klo marketing itu pekerjaan yang susah untuk dilakukan….???makasi mbak..moga sukses ya buat kerjanya…

    Like

  7. lam kenal nama ku alpredo, sya juga mau melamar sebagai RO, sya kira juga RO seperti yg diatas ternyata seperti yg sudah dijelaskan, sya bingung besok saya mau di wawancara? susah ga pekerjaan itu???

    Like

  8. wah……thanks banget……..tar gw ada panggilan di Bank,untung2…..gw jg gak ngerti apa tu relationship officer,pasti pertanyaannya gak jauh dari apa yg di tanyainnn ma km….hi….

    Like

  9. yah saya kira iyah tentang hubungan,.
    waduh gmn yah,.
    saya baru masukin cv bwt reLationship offcer,.
    kLo perkreditan saya g tw sama se x,.
    hmmm pesimis neh :(

    thankyu yah infox :D

    Like

  10. besok saya ada interview diperusahaan kontraktor ternama, saya mau tanya apa tugas Relationship officer di perusahaan kontraktor, mohon donk dibalas,thanks

    Like

  11. Apasih job desc RO? katanya mau diulas? Dan bagaimana halangan dan tantangan dalam RO ini? Dan bagaimana agar menjadi RO yang baik? Apakah RO sama dengan AO.

    Soalnya saya baru saja diketerima sebagai RO di sebuah Bank

    Thank

    Like

  12. thankz masuknya. weih g bda jauh dngn sya,sya jg tek lndstri. awlny wawancra bingung. sprti apa tgs ro,stlah sy bca artikely sya pny gmbrn. thankz

    Like

  13. Wah..makasih banyak..ternyata RO itu sama dengan credit analyst toh…weleh weleh…

    Makasih banyak ya mas untuk reviewnya…sangat bermanfaat ini bagi pemula agar lebih siap dan lebih ready untuk lanjut atau tidak.

    Makasih makaish

    Like

  14. wah terima kasih postingannya sangat bermanfaat ^^
    sy baru2 ini melamar sebagai credit analyst di sebuah bank.. sudah tes wawancara sih, tapi belum tahu lulus tidaknya (soalnya baru 3 hari yang lalu hehe)
    saya freshgraduate dan sebenarnya tidak tahu apa2 ttg banking maupun kredit2an XD
    credit analyst itu susah nggak ya? saya sebenarnya yakin dengan kemampuan akuntansi saya (untuk memeriksa pembukuan, neraca, dll) tapi takut juga kalau nanti ikut training dan ternyata lebih sulit dipelajari dari yang dibayangkan :> boleh tanya pendapatnya? thanks before! :D

    Like

  15. Haloo…. :)
    Apakah ada yang bisa memberikan dimana saya bisa mendapatkan contact person serta data2 dari relationship department untuk penelitian skripsi saya? Apakah data2 tersebut sensitif dan bersifat privat? karena sy kbutlan ingin meneliti kontribusinya terhadap laba perusahaan.
    makasih yaa

    Like

  16. Horasssssss
    trimakasih ya atas intisari dari Retionship, soalnya saya besok interview dengan posisi RO disalah satu Bank, mudah2an dengan postingannya saya dapat mengertii, sudah ada gambaran tentang RO. trimakasih banya y..mohon doa y mg besok berhasil interviewnya……

    good luck.

    Like

  17. wah thank bgt buat infonya karena saya besok mendapat panggilan interview kerja disuatu bank syariah,.mohon doanya ya,..agar saya sukses interview

    Like

  18. kok pengalamannya mirip???? sama lagi jurusanya sama di TEKNIK INDUSTRI(doh), saya waktu interview di suruh jualan, waktu itu jualan tipe ex….. pas dibilang interviewernya, ” maaf aku sudah punya tipe ex…!!! langsung kubilang saja, tapi tipe x ini bedaloh pak….beda punya bapak, “tipe x ini dalam posisi apapun tetap bisa kepakai”

    Like

  19. infonya pas dngb apa yg di alamin saya…kemaren saya sudah tes teralkir dan lulus, semua pertanyaan sama dengan yg di sebutin di atas,,,, tapi masih bingung dng sistem kerja RO itu sendiri,,,,

    Like

  20. Pingback: CHAPTER II : ANALIS KREDIT | ANALIS PEMBIAYAAN | RELATIONSHIP OFFICER | ACCOUNT OFFICER « 2wenty 5ive

  21. hmmmm….baru tau ya begitu ternyata RO itu…
    saya jg ada panggilan jd bank relation officer, tp msh bingung mau apa enggak ya…
    coz ga begitu excited dgn hal cari2 nasabah..
    tp mksh ya buat infonyaaa :D
    salam kenal :)

    Like

  22. Tapi sayang, kerja di perbankkan (khususnya konvesional) adalah termasuk dari pekerjaan yang diharamkan (dilarang) oleh syari’at islam. Karena pada hakekatnya adalah tolong-menolong dalam terselenggaranya RIBA. Dan RIBA adalah jelas terlarang (diharaman) oleh Islam. Silahkan dipelajari.. sungguh banyak dalil (dari al-Qur’an maupun as-Sunnah dalam perkara ini).
    Maka… bagi engkau wahai yang mengaku sebagai seorang muslim seharusnyalah engkau untuk tidak melamar bekerja disana (konvesional: perbankkan, asuransi, gadai, finance, dll) atau tinggalkan pekerjaan itu jika sudah bekerja dan belum mengetahui sebelumnya. Semoga Allah menolongmu..

    Like

  23. RO itu salah satu kerjaannya Mencari nasabah, itu sama seperti marketing Mencari Nasabah juga biasanya kerja semacam itu memakai target, klo bukan jiwa pekerja keras lebih baik jangan diambil yaa :))))) by. @senparker

    Like

  24. hai vi.. assalamualaikm.. thanks ya atas share x tentang RO cz masih ragu2 ni mw masuk d bagian RO mohon doa x aj ea. n satu hal lahi jdi tau sedikit banyak ttg RO thans vi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s