Childhood Story

When I Was Child…

Melihat gambar diatas, mengingatkan pada pengalaman masa kecil… “Ayo anak-anak, sekarang pelajaran menggambar… Buka buku gambar kalian masing-masing yaaa…!” Dengan semangat menggebu-gebu sebagian anak-anak (sudah tentu salah satunya Saya…) tersenyum senang. Sang guru melanjutkan, “Ayo kita menggambar pemandangan yaaa…!”. PEMANDANGAN. Yang terlintas di pikiran sebagian anak-anak adalah :

  • Gambar dua buah gunung,
  • Dengan matahari menyembul diantara dua gunung tersebut,
  • Tak lupa dengan awan biru yang menggumpal,
  • Tambahkan beberapa burung dengan bentuk ‘w terbalik’,
  • Dan satu lagi yang paling penting, PADI! Dengan membuat huruf ‘V’ dan ditarik garis lurus diantara huruf V tersebut. Jadilah PADI.

Sekarang, ketika kembali mengingatnya. Saya baru sadar, dari mana ketetapan bahwa gambar pemandangan adalah seperti diatas. Secara spontan hampir seluruh anak menggambar yang sama. Jujur saja, di daerah Saya sama sekali tidak ada pedesaan dengan sawah terhampar sehingga Saya bingung darimana ide tersebut muncul?.”Duniaaa Khayaaal…!”.

Ketika hal ini diperbincangkan lagi bersama teman kuliah, ternyata sebagian mereka (yang berasal dari belahan nusantara yang berbeda) melakukan hal yang sama. Lucu. Ternyata anak Indonesia (pada zaman itu) sangat kompak ya?. Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda domisili, GAMBAR PEMANDANGANNYA tetap sama. Bagaimana dengan Anak SD di zaman sekarang ya?

14 thoughts on “When I Was Child…

  1. Wah, ga bisa saya jawab tuh.
    Tapi kalo di tanya,
    Bagaimana anak-anak jaman dulu (yang sekarang udah punya anak di SD) diminta untuk menggambar pemandangan, gambarnya masih persis seperti yang di atas.

    Ini membuktikan adanya kekonsistenan dari jaman TK-SD hingga sudah memiliki anak TK-SD.

    *lough out loud*

    Like

  2. Wah, ga bisa saya jawab tuh.
    Tapi kalo di tanya,
    Bagaimana anak-anak jaman dulu (yang sekarang udah punya anak di SD) diminta untuk menggambar pemandangan, gambarnya masih persis seperti yang di atas.

    Ini membuktikan adanya kekonsistenan dari jaman TK-SD hingga sudah memiliki anak TK-SD.

    *ngakak*

    Like

  3. Wah, ga bisa saya jawab tuh.

    Tapi kalo di tanya,
    Bagaimana anak-anak jaman dulu (yang sekarang udah punya anak di SD) diminta untuk menggambar pemandangan, gambarnya masih persis seperti yang di atas.

    Ini membuktikan adanya kekonsistenan dari jaman TK-SD hingga sudah memiliki anak TK-SD.

    *ngakak*

    Like

  4. wah, ga tau tuh.
    tapi kalo gambarnya anak SD jaman dulu yang sekarang udah punya anak yang sekolah di SD, gambar mereka ga berubah loh! Ngga percaya?? coba aja minta mereka gambar pemndangan! hwahaaha!

    Like

  5. Hwahaha!! ga tau juga ya..
    tapi kalo anak SD jaman dulu, yang udah punya anak usia SD, kalo diminta menggambar pemandangan, kurang lebih gambarnya ya seperti yang di atas itu😀

    Like

  6. wah teman2 maaff yah..
    blog ini dah lama banget terbengkalai..
    ini baru aj dijengukin lagii..
    Trims buatt Ama [Rahmawati], Ferdy, dan Muthiaayu atas commentnya..
    =)

    jadi semangat lagi nih nuliss..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s