Work Life

Dunia Kerja

Sering bertanya ke diri sendiri.
Kenapa ya dunia kerja itu beda?

Jika dibandingkan:
Dunia Kerja vs Dunia Maya vs Dunia Nyata

Rasanya aku bisa menjadi diriku sendiri jika di Dunia Maya & Dunia Nyata. Padahal, Dunia Maya itu sendiri semu, abstrak.

Setelah berpikir, berpikir, dan berpikir lagi. Kenapa sampai dengan saat ini belom merasa klop di Dunia Kerja?
Mungkin jawabannya karena adanya perbedaan definisi kerja atau pekerjaan.

Kebanyakan kita menganggap kerja ataupun pekerjaan adalah tujuan akhir atau pencapaian sehingga yang lebih diunggulkan adalah goal atau hasil akhirnya, bukan proses. Kebanyakan kita lebih fokus mencari cara bagaimana mencapai suatu tahapan-tahapan tertentu dalam karir, bahkan terkadang abai dengan bagaimana belajar meningkatkan kemampuan dan kompetensi di bidang yang saat ini dijalani.

Analoginya, ketika seseorang ingin menuju lantai atas dan melihat sebuah tangga, yang dipikirkan hanyalah lantai atas tsb. Bukan melihat ke kondisi tangga dan kondisi kaki kita apakah bisa dinaiki atau apakah kaki kita cukup kuat mendaki?

Sedangkan aku, kerja ataupun pekerjaan lebih nyaman kuanggap sebagai tempat pembelajaran.

Karena itulah, aku tak ingin takut jika salah, tak ingin ragu untuk bertanya dan mencari tahu hal-hal baru, ingin selalu berdiskusi atau sharing tentang hal-hal yang belum terpecahkan.

Aku ingin menganggap kantor adalah kampusku, SOP adalah bahan kuliahku – yang masih bisa ditelaah tanpa harus ditelan mentah-mentah – dan ketika aku mengerjakan advis pembiayaanku kuanggap itu adalah tugas kuliahku.

Dengan begitu, tak perlu terburu-buru untuk naik pangkat/jabatan, tak perlu memasang muka palsu demi untuk menyenangkan atasan, atau berusaha mempercantik ucapan supaya dianggap kompeten.

Yah, aku hanya ingin menjadi diriku. Mengerjakan apa yang ku mau bukan harus, mengobservasi dan mencari jalan yang terbaik dari setiap permasalahan/kendala pekerjaanku tanpa harus kepentok dengan aturan baku.

Dan.. Rasa puas itu akan muncul jika satu persatu pekerjaanku bisa teratasi dan bertambah pula ilmu yg kudapat. Bukan jabatan yg kuraih.

Andai, andai saja semua itu bisa kulakukan seperti mauku itu..

Note : tulisan ini, bukan berarti bahwa aku tak menyukai pekerjaanku ya.. Aku suka pekerjaan ini, banyak pelajaran baru yang didapat dari pekerjaan ini. β™₯

3 thoughts on “Dunia Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s